pengunjung yang sedang Online

Banyak Cara Menghapal Sesuatu agar Mudah Diingat

Rabu, 02 Februari 2011

Kebanyakan anak-anak mulai mengerutkan kening jika harus menghapal sesuatu. Tentunya, menghapal pelajaran. Apalagi kalau sudah bertemu dengan hapalan pelajaran IPS. Wahh,.tambah sebel dan bete aja. Menurut mereka, sangat sulit menghapal sesuatu untuk terus diingat. Mereka lebih menyerah duluan daripada harus mencoba terlebih dahulu.
Sesunggguhnya, manusia dianugrahiakal dan pikiran untuk berkreasi. Perangkat ini yang harus diberdayakan. Termasuk untuk mencari jalan agar  dapat mudah menghapal sesuatu sehingga tetap terus diingat. Ada sebuah cara untuk mencoba mengahapal sesuatu agar mudah dan terus diingat. Kita dapat menggunakan kalimat sederhana yang dibuat oleh kita untuk memudahkan menghapal sesuatu. sebagai contoh ;
  1. James Watt sedang menguap di Inggris  Maksudnya; Penemu mesin uap bernama James Watt. Ia berasal dari Inggris. Bayangkan, dengan kalimat   seperti itu, kita dapat mengetahui siapa penemu mesin uap dan dari mana  ia berasal. Untuk memudahkan menghapal mesin uap digunakan kata "menguap"
  2. Untuk musim, kita bisa  membuat kalimat H.OMa KASep (dibaca Haji Oma Kasep). Maksudnya H=Hujan, OMa = Oktober Maret (musim hujan terjadi dari Oktober hingga Maret) KASep adalah K=Kemarau, ASep = April September (musim kemarau terjadi April hingga September)
  3. Menghapal negara-negara bisa dilakukan dengan cara; negara pendiri ASEAN : Si Phil MaIn Thai (Singapura, Philipina, Malaysia, Indonesia, Thailand);  negara di Asia Timur : CiPang Korkor TaiHong (Cina Jepang kore Utara Korea Selatan Taiwan Hongkong)
  4. Membedakan kata depan dan imbuhan dalam penulisannya.  Ingat kalimat : Di ke menunjuk tempat harus terpisah (Kata depan di dan ke yang menunjukkan  tempat penulisannya harus dipisah)
  5. Menghapal titik yang ada pada pengungkit cukup dengan TBK (Tukang Bubur Kacang).  Maksudnya T = Tumpu, B =Beban, K= Kuasa
  6. Mengetahui perbandingan pada suhu Reamur : Celcius : Fahreinhet dgn 4 : 5 : 9 (+-32). Kita dapat mengatakan R : C : F = 4 : 5 : 9 dengan kalimat ; Rujak Cuka minumnya Fanta. Rujaknya 4, Cukanya 5 tetes, fantanya 9
Tentunya, kalian dapat membuat lagi yang lainnya, yang lebih menarik dan mudah dihapal.

    Ayo, selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar